apa itu kista dan penyebabnya

Post On: 19 October 2015
By:
August 16, 2017

APA ITU KISTA DAN PENYEBABNYA

Salah satu masalah kesehatan reproduksi yang menyerang wanita, baik yang sudah aktif seks atau belum adalah kista ovari. Kista memang bukan penyakit mematikan, tapi bisa sangat mengganggu kesehatan anda. oleh karena itu, mari kita mengenal apa itu kista dan penyebabnya dalam uraian berikut ini.

Definisi kista ovari

       Kista ovari adalah cairan yang terletak di ovarium atau lebih dikenal dengan indung telur. Setiap wanita normal memiliki dua ovarium, yaitu dikanan dan kiri. Kista bisa saja terjadi di satu ovarium atau keduanya. cairan tersebut terasa kenyal saat diraba. Kalau sumber telur besar, tentu akan mempengaruhi proses pematangan dan transportasi sel telur.

Penyebab kista

       Banyak faktor predisposisi yang menyebabkan kista, tapi sebagian besar karena keturunan. Sebenarnya semua wanita punya resiko kista atau bahkan pernah mengalaminya. Tapi untuk kasus yang ringan akan menghilang tanpa tindakan serius. Lain halnya dengan kista yang terus membesar dan pecah, Maka akan menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Kalau kista dalam ovarium tidak hancur dengan pengobatan luar berarti perlu tindakan bedah medis yang mungkin akan mengganggu kesuburan seorang wanita.

       Beberapa wanita juga terlalu reaktif terhadap kontrasepsi tertentu sehingga menimbulkan tumor berbentuk cairan. Penting bagi wanita usia subur untuk mengenali kondisi kesehatan reproduksinya sebelum menentukan jenis kontrasepsi yang digunakan, khususnya hormonal.

Gejala

       Waspadalah bila anda sering mengalami haid yang disertai rasa nyeri luar biasa. Kista yang membesar bisa menghambat pematangan sel telur sehingga siklus menstruasi wanita menjadi tidak teratur dan rasanya luar biasa sakit. Mungkin, anda memerlukan analgesik dosis tinggi untuk meredakannya. sebaiknya periksakan diri pada ahli obstetri dan ginekologi bila anda mengalaminya.

Apa itu Kista dan Penyebabnya (Small)

       Apa itu kista dan penyebabnya sudah diketahui, sekarang mari kita belajar cara untuk mengatasinya. untuk kista ringan bisa sembuh dengan sendirinya atau melalui pengobatan luar. Tapi, bila kondisinya sudah parah atau pecah tentu akan dilakukan pengangkatan ovarium. Seorang wanita yang diangkat indung telurnya masih bisa hamil dari indung telur lainnya.

       Kadang kista tidak menampakkan gejala pasti, tapi penderita merasa sulit buang air besar, sering kembung dan terasa nyeri pada tulang panggul. gejala seperti ini bisa jadi karena tekanan dari cairan di ovarium yang menyebabkan saraf-saraf pencernaan ikut bereaksi.

       Kista juga dapat berubah menjadi sel abnormal atau kanker. Meskipun kasusnya hanya sedikit, Tapi kanker ovarium merupakan penyakit mematikan yang dapat menjalar ke organ pencernaan. jika kista dapat didiagnosa sejak awal kemungkinan sembuh tentu semakin besar.

       Apa itu kisata dan penyebabnya terjawab sudah. Bersikap waspada dengan mengamati gejala kista sejak dini adalah pilihan terbaik agar ibu segera mendapatkan pertolongan medis untuk menyelamatkan diri dan kesuburan. Dengan begitu, Penderita kista tidak harus kehilangan kesempatan mendapatkan buah hati.

 

Baca juga artikel :
Terapi kista dengan Ladyfem
Apakah Anal Seks Itu Aman?
Dampak Dari Oral Seks

Tags: , , , , , ,

Related to apa itu kista dan penyebabnya