apa itu perineum

Post On: 12 November 2015
By:
May 26, 2016

forediApa itu perineum

     Istilah perineum mungkin masih asing ditelinga kita. Apa itu perineum? ini adalah bagian dari alat genital pria dan wanita, bagian yang letaknya antara vagina dan anus. kalau pada pria diantara skrotrum dan anus. perineum terdiri dari jaringan yang bersifat elastis dan mudah terangsang bila disentuh.

Perineum pada pria

     Perineum pada pria tidak banyak berfungsi seperti layaknya wanita karena mereka tidak mengalami proses melahirkan. Hanya saja bagian tersebut sangat erektil karena banyak dialiri darah sebagaimana skrotrum. pada kasus impotensi, pria biasanya melakukan terapi rangsangan pada perineum untuk membangkitkan kembali gairahnya.

Perineum pada wanita

     Perineum pada wanita biasanya robek saat melahirkan karena berbagai faktor. untuk mencegah robekan besar pada perineum, tentu ada caranya. Pertama ibu hamil harus tahu tahap melahirkan sehingga tidak bingung ketika waktunya tiba. kemudian bersikap tenang dan penuh percaya diri merupakan kunci agar tidak melakukan tindakan yang merugikan seperti berteriak, salah mengejan atau mengangkat pantat saat mengejan. ketiga, jangan mengejan sebelum kepala bayi sampai dipintu bawah vagina karena hal ini dapat menyebabkan odema dan menghalangi jalan lahir. Terakhir, sebaiknya  mengejan hanya pada saat perut benar-benar mulas serta ada dorongan untuk melakukan itu. mengejanlah pelan-pelan karena dorongan yang kuat tiba-tiba dapat memperbesar robekan.

     Apa itu perineum dan kenapa terjadi robekan sudah terjawab. Sekarang, saatnya membicarakan perawatan perineum selepas dijahit. Resiko infeksi pasca persalinan amatlah besar, utamanya jika anda tidak menjaga kebersihan. Agar terhindar dari infeksi, sebaiknya seringlah ganti pembalut dan jangan menunggu hingga penuh. pastikan perineum benar-benar kering setelah buang air besar demi menghindari lembab. Oleskan antiseptik didaerah perineum sesuai petunjuk petugas medis. jangan pernah membubuhkan ramuan apapun ke perineum anda, Apalagi yang tidak diketahui sterilitasnya.

     Selain menjaga dari kuman penyebab penyakit, Anda juga harus mencegah robekan jahitan diperineum. hindari penggunaan stagen yang terlalu kencang, Aktivitas berlebihan pasca persalinan (selama seminggu), serta banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Jangan menolak makanan yang berbau amis seperti yang dimitoskan oleh orang-orang tua jaman dahulu karena justru menyebabkan tubuh kekurangan protein dan gagal membentuk sel-sel yang baru. Sebaiknya tidak menahan kencing dan BAB untuk menghindari masalah baru.

      Agar perineum bisa elastis dan kencang kembali seperti sediakala, ada olahraga khusus yang disebut dengan senam kegel. Cara melakukan olah raga ini sangat mudah, tinggal mengerutkan otot-otot didalam vagina hingga keanus, termasuk perineum. tahan hingga duabelas detik sebelum dilepaskan, kemudian tahan dan lepaskan kembali. Lakukan sampai anda merasa lelah. Senam ini dapat dilaksanakan meskipun anda sedang ditempat tidur atau sedang memasak. Ada juga senam nifas yang lebih komplit agar tubuh kembali bugar seperti sedikala. Anda pasti ingin segera sehat kembali, bukan? Dengan mengikuti seluruh tips di atas setelah mengetahui apa itu perineum. Dengan begitu, kecantikan bagian bawah akan tetap terjaga.

tissue majakani
Baca juga artikel :
cara merawat kesehatan mata
gejala dan cara mengatasi bronkitis
gejala dan cara mengobati penyakit tipes

Tags: , , , , , ,

Related to apa itu perineum