apa Khasiat dan Manfaat dari daun Kumis Kucing

Post On: 4 February 2016
By:
July 18, 2016

obat-kuat-foredi

apa sih Khasiat dan Manfaat dari tumbuhan Kumis Kucing

Puluhan tahun lalu, tumbuhan kumis kucing banyak dipelihara sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Mahkota bunganya yang berwarna putih dengan bentuk benang sarinya yang mencuat mirip kumis seekor kucing sungguh unik dan cantik sehingga banyak yang menyukainya. Kini seiring dengan makin banyaknya jenis-jenis tanaman hias, tumbuhan ini jarang ditemukan. Namun beberapa orang tetap memeliharanya karena mengetahui banyak manfaat daun kumis kucing ini.

Tumbuhan kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon aristatus. Tumbuhan ini bukan asli Indonesia, namun berasal dari daratan Afrika yang kemudian menyebar hingga ke Australia dan Asia, termasuk ke Indonesia. Tumbuhan ini memiliki beberapa ciri, antara lain berbatang basah, berakar tunggang, daun berbentuk bundar/ lonjong, Tangkai bulat berwarna ungu kehijauan, mahkota bunga berwarna putih/ putih keunguan, dan benang sari mencuat keluar seperti kumis seekor kucing. Tumbuhan ini akan tumbuh subur di lahan yang gembur, berhumus, dengan pengairan dan udara yang baik.

manfaat kumis kucing

Daun tumbuhan ini mengandung beberapa zat kimia alamiah antara lain minyak atsiri, sinensetin, saponin, sapofonin, mioinositol, zat samak, serta kalium yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat daun kumis kucing yang perlu Anda ketahui;

  • Melancarkan pengeluaran air seni
    Caranya; rebus 25 gram daun kumis kucing segar dalam 2 gelas air putih selama 10-15 menit. Minum ramuan ini dua kali sehari, setiap kali minum ½ gelas.
  • Mengobati penyakit rematik
    Caranya; rebus 5 helai daun kumis kucing serta daun meniran dalam 3 gelas air. Minum ramuan ini tiga kali sehari, setiap kali minum ½ gelas.
  • Menyembuhkan penyakit batuk
    Caranya; rebus 25 gram daun kumis kucing dalam dua gelas air. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari, setiap kali minum sebanyak ½ gelas.
  • Mengatasi masuk angin
    Caranya; rebus 5 helai daun kumis kucing dalam segelas air, hingga air rebusan tersisa ½ gelas. Tunggu hingga dingin kemudian minumlah
  • Menyembuhkan asam urat
    Caranya; rebus 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar dalam segelas air sampai air rebusan tersisa ½ gelas saja. Minumlah ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.
  • Mengobati keputihan
    Caranya; ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 sendok teh jinten hitam, 1 genggam daun beluntas, 10 biji kemukus, dan air secukupnya. Selanjutnya semua bahan direbus hingga mendidih. Minumlah ramuan ini dua kali sehari.
  • Mengobati kencing batu
    Caranya; rebus 90 gr daun kumis kucing dalam segelas air hingga tersisa ½ gelas saja. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari
  • Mengatasi sembelit saat BAB
    Caranya; rebus 5 lembar daun kumis kucing dalam segelas air. Minum ramuan ini setiap kali sembelit. Anda juga perlu mengimbangi dengan biasakan diri melakukan olahraga secara rutin.
  • Menyembuhkan penyakit diabetes
    Caranya; rebus 15 lembar daun kumis kucing dalam 2 gelas air hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini setiap hari secara teratur, diimbangi pula dengan konsumsi makanan yang rendah lemak dan rendah kalori serta membiasakan diri untuk berolahraga.

Demikian beberapa manfaat yang kita peroleh dari daun kumis kucing. Semoga bermanfaat.

 

keuntungan wanita berpayudara kecil

 

Baca juga artikel :
dijual rumah mewah dijelambar
Apartemen the noble at alam sutera
cara mengatasi rasa sakit saat hubungan seksual

Tags: , , ,

Related to apa Khasiat dan Manfaat dari daun Kumis Kucing