asam urat dan gejala penyakit asam urat

Post On: 18 November 2015
By:
April 8, 2017

Asam urat, penyebab dan gejala penyakit asam urat

Salah satu penyakit degeneratif yang kian marak menjangkiti masyarakat indonesia adalah asam urat. Bahkan, saking terkenalnya setiap orang yang mengeluh nyeri sendi dicurigai menderita asam urat. Lalu, apa sebenarnya asam urat, penyebab dan gejala penyakit asam urat? daripada mendapatkan berita simpang siur, lebih baik simak ulasan lengkap berikut ini.

Apakah asam urat itu?

asam urat adalah sebutan untuk penyakit kelebihan zat purin didalam tubuh. Zat ini adalah hasil akhir dari metabolisme nukleotida purina. kalau kelebihan zat purin, maka akan beresiko mengalami serangan ginjal dan persendian.

Gejala penyakit asam urat

Gejala yang paling sering dirasakan penderita asam urat adalah nyeri sendi. Tiba-tiba saja pasien mengeluh persendiannya ngilu atau sakit ketika digerakkan. Nah, saatnya curiga dan mencari gejala lainnya seperti adanya pembengkakan pada area sendi. Anda bisa melihat kulit pada sendi yang berubah menjadi merah dan mengelupas setelahnya. Kalau sudah muncul tanda tersebut, maka diagnosa asam urat semakin kuat. Rasa sakit pada sendi juga dirasa luar biasa (untuk kasus yang parah), bahkan tidak tahan saat ada benda yang menyenggolnya.

Berdasarkan pengalaman penderitaa asam urat, ada beberapa sendi yang paling sering kambuh, yaitu pergelangan kaki, jempol, lutut, siku, jari tangan dan pergelangan tangan. sendi ini paling banyak dipakai bergerak sehingga menyulitkan mobilitas penderita.

tissue majakani

Penyebab penyakit asam urat

Faktor utama penyebab asam urat tidak lain adalah makanan. Terlalu sering mengkonsumsi jeroan seperti hati, rempela, usus dan jantung akan meningkatkan produksi zat purin. Selain itu, kebiasaan minum alkohol sampai mabuk juga ditenggarai sebagai penyebab asam urat yang paling sering. Para ahli medis juga menyebutkan daging yang berwarna merah adalah penyebab tingginya zat purin dalam tubuh.

terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis bukan hanya beresiko terserang diabetes, tapi juga asam urat. Ini karena kandungan fruktosa yang ada didalamnya. Faktor lain adalah riwayat penyakit pasien. misalnya, pernah menderita kolesterol, ginjal, diabetes dan tekanan darah tinggi. Makanya, jaga benar kondisi kesehatan anda.

Ada beberapa obat yang dapat memicu peningkatan zat purin. Contohnya obat untuk melebarkan pembuluh darah pada penderita kolesterol (niacin), obat pusing (aspirin) dan obat untuk meredakan darah tinggi. Resiko semakin besar bila obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Setelah merasakan gejala asam urat seperti disebutkan diatas, sebaiknya anda segera memeriksakan diri kedokter untuk melakukan cek darah. Bila terbukti tingkat purinnya tinggi, dokter akan memberikan obat untuk menurunkan asam urat sekaligus meredakan rasa nyeri di persendian anda. penderita asam urat beresiko besar terkena serangan ginjal.

baca juga artikel cara mengatasi berbagai macam penyakit kronis

Tags: , , , , , ,

Related to asam urat dan gejala penyakit asam urat