Berbagai Khasiat dan Manfaat dari Tumbuhan Paku

Post On: 29 January 2016
By:
July 12, 2016

obat-kuat-foredi

Berbagai Khasiat dan Manfaat dari Tumbuhan Paku

     Tahukah Anda Manfaat tumbuhan paku ? tumbuhan paku Yaitu sejenis tumbuhan yang biasa dipelihara sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Umumnya orang hanya memandang sebelah mata karena tumbuhan ini kalah pamor dibanding beberapa jenis tanaman hias lain yang dianggap lebih cantik seperti anggrek atau euphorbia.
Namun jangan salah, dibalik kesederhanaannya ternyata tumbuhan ini tidak hanya bermanfaat sebagai tanaman hias saja. Masih ada segudang manfaat lain yang tidak banyak orang mengetahuinya. Nah, berikut ini seluk-beluk tumbuhan paku, mengenai jenis, habitat, dan manfaatnya bagi kehidupan manusia;

     Tumbuhan paku memiliki nama latin Pteridophyta. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan tertua di muka bumi yang hingga saat ini masih bertahan. Habitatnya adalah di segala tempat, kecuali di wilayah padang pasir dan wilayah yang beriklim salju, namun habitat terbaiknya adalah di hutan hujan tropis.
Menurut penelitian ahli botani, terdapat lebih dari sepuluh ribu jenis tumbuhan paku di dunia. Tumbuhan tersebut hidup di berbagai tempat yang berbeda-beda. Kalau di Indonesia terdapat kira-kira tiga ribu jenis saja, antara lain;

  • Tumbuhan paku yang hidup di tanah: suplir (Adiantum cuneatum) dan paku tiang (Alsophila Glauca)
  • Tumbuhan paku yang hidup di wilayah basah atau di tanah yang berair (higrofit): Marsilea sp
  • Tumbuhan paku yang hidup di air (hidrofit): Azolla pinnata dan Salvinia natans
  • Tumbuhan paku yang hidup menempel di pohon (epifit): paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum) dan paku sarang burung (Asplenium nidus)

Khasiat dan Manfaat dari Tumbuhan Paku

Beberapa manfaat tumbuhan paku antara lain;

  1. tanaman hias, misalnya suplir contohnya (Adiantum cuneatums), paku tanduk rusa (Platycerium sp), paku sarang burung (Asplenium nidus), paku tiang (Alsophila glauca) dan Nepholepism
  2. bahan obat untuk melancarkan urine, misalnya paku ekor kuda (Equisetum)
  3. bahan obat-obatan lain misalnya Selaginella, aspidium sp dan locopodium clavatum.
  4. bahan sayuran, misalnya semanggi (Marsilea crenata), paku tiang (Alsophila Glauca) dan paku garuda (Pteridium aquilinum)
  5. pupuk hijau, yaitu Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan ganggang biru (Anabaena azollae) dan mengikat gas nitrogen (N2) bebas di udara
  6. bahan pembuatan petasan, yaitu pyrotechnics
  7. bahan tiang bangunan, misalnya Alsophila glauca
  8. bahan penggosok atau ampelas, misalnya Equisetum sp
  9. bahan untuk membuat karangan bunga, misalnya Lycopodium cernum
  10. beberapa jenis tumbuhan paku juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Tumbuhan yang telah mati dalam jangka waktu bertahun-tahun akan menjadi fosil. Fosil akan berubah menjadi batu bara yang bermanfaat sebagai bahan bakar.

Nah, sudah tahu kan bahwa tumbuhan paku ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Mulai sekarang hendaknya kita perduli dengan tumbuhan yang satu ini. Walau penampilannya sederhana namun cantik juga lho kalau kita merawatnya dengan baik. Semoga artikel manfaat tumbuhan paku ini bermanfaat.

 

kurang bergairah

 

Baca juga artikel :
Rumah murah di daerah tangerang
obat stamina pria
Jangan menyerah selagi masih bisa berusaha

Tags: , ,

Related to Berbagai Khasiat dan Manfaat dari Tumbuhan Paku