Berbagai Manfaat dan Khasiat dari Daun Bandotan atau Babandotan

Post On: 7 February 2016
By:
March 19, 2016

foredi

Berbagai Manfaat dan Khasiat dari Daun Bandotan atau Babandotan

     Tanaman Bandotan atau Babandotan memiliki nama latin Ageratum conyzoides L. Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan, pinggir jalan, di ladang atau persawahan. Umumnya orang mengenalnya sebagai gulma sehingga sering dibasmi begitu saja. Tanaman bandotan memiliki beberapa ciri antara lain tumbuh tegak dengan ketinggian 30-90 cm, bercabang, bagian bawah tumbuh menjalar, daun berwarna hijau berbentuk bulat telur, bunga majemuk berwarna putih, dan memiliki buah kecil-kecil berwarna hitam. Apabila telah layu dan membusuk, maka daun tanaman ini akan berbau tidak enak.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, tanaman ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kita karena mengandung beberapa zat penting, yaitu asam amino, alkaloid, organacid, pectic substance, ageratochromene, organacid, minyak asiri, ageratochromene, kumarin, friedelin, stigmasterol, ß-sitosterol, sulfur, tanin, dan potassium chlorida. Untuk mengetahui manfaat daun bandotan, simak penjelasan berikut ini;

manfaat dau bandotan

  • Obat penyakit rematik dan keseleo
    Cara membuat obat herbal dari daun bandotan adalah; siapkan satu genggam daun dan batang tumbuhan bandotan muda yang masih segar, satu kepal nasi kemarin, dan ½ sendok teh garam. Cuci bersih daun dan batang tanaman bandotan, lalu tumbuk semua bahan hingga menjadi bubur. Aduk hingga rata lalu balurkan ke bagian tubuh yang sakit kemudian balut dengan kain. Tunggu selama 1-2 jam, barulah balutan bisa dilepaskan. Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari secara teratur.
  • Obat penyakit malaria
    Penyakit malaria bisa diobati dengan obat alami berbahan baku daun bandotan. Caranya; Siapkan daun bandotan secukupnya, cuci bersih dan jemur hingga kering. Ambil 15-30 gram daun bandotan kering, rebus dalam 300 ml air hingga air rebusan tersisa separuh. Tunggu hingga dingin, saring dan minum. Minumlah ramuan herbal ini 2 kali sehari secara teratur.
  • Obat sakit telinga
    Anda menderita sakit telinga? Gunakan ramuan alami untuk menyembuhkan penyakit Anda. Caranya; siapkan daun bandotan segar secukupnya. Cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air matang, peras dan saring. Gunakanlah sebagai obat tetes telinga. Anda bisa menggunakannya 3-4 kali sehari, setiap kali pengobatan teteskan sebanyak 2 tetes.
  • Obat sariawan
    Khasiat daun bandotan lainnya adalah untuk mengobati sariawan. Caranya; Siapkan 10-15 gram daun bandotan kering, lalu rebus dalam 300 ml air. Tunggu hingga air rebusan tersisa sekitar separuh. Saring dan minumlah 2-3 kali sehari.
  • Obat radang tenggorokan
    Untuk mengobati radang tenggorokan, siapkan 30-60 gram daun bandotan segar. Cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Kemudian peras dan saring. Larutkan gula batu secukupnya dalam sedikit air, selanjutnya tambahkan pada air perasan. Aduk rata dan minumlah. Ramuan ini diminum sebanyak 3 kali sehari.
  • Obat perut kembung
    Untuk mengatasi perut kembung, Anda bisa membuat ramuan berikut ini; siapkan tanaman bandotan ukuran sedang, cuci bersih lalu potong-potong. Selanjutnya rebus dalam 500 ml air hingga air rebusan tersisa sekitar 200 ml saja. Tunggu hingga dingin lalu saring dan diminum. Minumlah ramuan alami ini 2-3 kali sehari secara teratur.
  • Obat tumor rahim
    Daun bandotan juga bisa mengobati penyakit tumor rahim. Caranya; rebus 15-30 gram daun kering dalam 400 ml air hingga air rebusan tersisa sepertiganya saja. Tunggu hingga dingin, saring lalu minum. Minum air rebusan ini setiap hari secara teratur.

     Demikian berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman bandotan atau babandotan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

obat kuat tahan lama

 

Baca juga artikel :
Dijual rumah siap huni dipasar baru tangerang
resiko jika BAB tidak lancar
Resiko memiliki perut buncit

Tags: , , , , ,

Related to Berbagai Manfaat dan Khasiat dari Daun Bandotan atau Babandotan