berbagai penyebab timbulnya hepatitis

Post On: 13 November 2015
By:
May 27, 2016

forediBerbagai penyebab timbulnya hepatitis

     berbagai penyebab timbulnya hepatitis dapat ditimbulkan oleh berbagai macam sebab, sehingga penderita harus mengetahui kondisi kesehatannya secara pasti. Meski sama-sama menyerang organ hati, tapi gejala dan tingkat keparahan penyakitnya berbeda. Dari sekian jenis hepatitis, yang paling banyak menyerang masyarakat indonesia adalah hepatitis B.

Hepatitis B
Hepatitis A ditemukan setelah PD II, yaitu pada tahun 1950. Nah, pada tahun 1982 ditemukan varian baru hepatitis yang disebut hepatitis B. penyebab timbulnya hepatitis B sama dengan hepatitis A, yaitu virus yang menyerang hati. Gejalanya pun juga sama. Pada awalnya penderita seperti terkena penyakit flu biasa; demam, merasa lelah, sakit perut, pusing, dan tidak nafsu makan. Lalu warna kulit berubah menjadi kuning diikuti dengan kuku dan bola mata.
Penularan hepatitis B dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita seperti darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu yang terinfeksi (ibu menyusui bisa menularkan pada bayinya). Selain itu juga bisa terjadi melalui tranfusi darah dan jarum suntik yang digunakan bergantian. Barang-barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, dan gunting cukur yang digunakan secara bergantian juga bisa menjadi media penularan virus hepatitis B. Untuk mengatasinya dokter akan memberikan obat interferon.

Hepatitis C
Penyakit ini merupakan varian baru hepatitis C, sehingga gejalanya pun sangat mirip dan sulit dibedakan. Untuk mengetahui secara jelas penyebab timbulnya hepatitis C , dokter akan melakukan cek darah pada penderita. Jika telah positif terinfeksi hepatitis C, maka dokter akan memberikan obat interferon dan ribavirin.

Male anatomy of human organs in x-ray view

Male anatomy of human organs in x-ray view

Hepatitis merupakan jenis penyakit yang menyerang organ hati dari berbagai faktor, misalnya racun yang masuk kedalam tubuh atau infeksi kuman. Bila anda tidak ingin terserang penyakit yang berbahaya ini, sebaiknya hindari faktor pencetusnya berikut ini :

Gaya hidup

     Kebiasaan mabuk-mabukan ditengarai sebagai salah satu faktor penting yang menyebabkan kerusakan hati. Alkohol adalah salah satu zat yang berubah menjadi racun dan merusak saraf. sedangkan hati merupakan organ yang berfungsi menampung racun dalam tubuh sebelum akhirnya dibuang. Bila terlalu banyak minum alkohol, maka hati tidak mampu menanggung bebannya.

     Selain kebiasaan mabuk, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat adiktif dalam kurun waktu lama juga dapat menjadi faktor pencetusnya. Misalnya pewarna makanan dari tekstil, borak, formalin, penyedap rasa yang berlebihan serta pengawet. Semua bahan tersebut tidak bisa dicerna atau mungkin tubuh mampu mengeluarkan dalam jumlah yang sangat rendah. jadi, kelebihannya akan menjadi beban di hati.

Kurang menjaga kebersihan

     Penyebab hepatitis yang kedua adalah kurang menjaga kebersihan diri. Perlu diketahui bahwa mulut dan saluran pembuangan merupakan dua tempat penularan penyakit ini. misalnya kurang bersih sangat selesai buang air besar atau jika anda sering makan diluar, pastikan tempat makannya telah dibersihkan dengan baik sehingga kuman hepatitis tidak ada lagi.

Tindakan medis

     penyebab timbulnya hepatitis Lainya adalah karena tindakan medis dan obat-obatan. Kasus hepatitis B dan C ternyata banyak ditularkan melalui darah, bahkan mencapai angka 80%. Penggunaan jarum suntik secara bergantian pada pemakai narkoba beresiko tinggi tertular hepatitis, juga saat seseorang melakukan transfusi darah tanpa pemeriksaan lengkap terlebih dahulu. Seorang ibu hamil pasti akan menularkan virus berbahaya tersebut kepada buah hatinya melalui saluran plasenta. Bahkan, berciuman dan berhubungan seksual juga beresiko besar menularkan hepatitis karena mungkin ada luka pada mukosa tubuh.

obat kuat

Penyakit berat

     Infeksi berat yang menyerang tubuh manusia juga dapat menjadi faktor predisposisi kerusakan hati. Misalnya herpes, rubella, cytomegalovirus dan mumps. Semua infeksi tersebut tentu akan menurunkan daya tahan tubuh manusia dan beresiko besar menyerang organ hati. Jadi, penderita harus melakukan cek darah lengkap setelah menjalani pengobatan terhadap penyakit diatas.

     Sebenarnya virus hepatitis ini dapat dicegah dengan vaksinasi,terutama hepatitis B yang bisa berubah menjadi kronis (berlangsung lama). Tapi, bila gaya hidup tidak dijaga dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bisa terserang lagi dikemudian hari. Sebaiknya kita berhati-hati setelah tahu tentang penyebab timbulnya hepatitis daripada melakukan pengobatan dikemudian hari.

Baca juga artikel :
manfaat detox
bahaya perut buncit
Bahaya BAB tidak lancar

Tags: , , , , , ,

Related to berbagai penyebab timbulnya hepatitis