cara mencegah dan mengatasi menopause dini

Post On: 29 December 2015
By:
March 26, 2016

foredi

CARA MENCEGAH DAN MENGATASI MENOPAUSE DINI

      MENOPAUSE merupakan masa terhentinya siklus menstruasi pada wanita. Menopause terjadi secara alami seperti halnya menstruasi. Umumnya dialami oleh wanita dengan rentang usia 45-48 tahun. Namun ada pula wanita yang mengalami menopause saat masih berusia 30-an atau belum genap 40 tahun. Hal ini disebut menopause dini. Sebelum mengalami menopause akan muncul beberapa tanda yang tidak biasanya, yaitu;

  • Menstruasi / haid tidak teratur
    Wanita akan mengalami menstruasi/ haid yang tidak teratur. Jika biasanya menstruasi datang setiap bulan, namun tiba-tiba datang 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Dan seorang wanita bisa dikatakan benar-benar mengalami menopause jika ia tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan
  • Susah tidur
    Wanita yang mengalami susah tidur (insomnia) tanpa sebab yang jelas padahal ia berusia sekitar 45 tahun, bisa jadi hal itu merupakan pertanda menopause.
  • Vagina kering
    Keadaan vagina yang kering merupakan salah satu tanda menopause. Hormon estrogen dan progesteron tidak lagi memproduksi cairan lumbrikasi alami pada vagina. Untuk lebih memastikannya bisa dilakukan tes untuk mengukur kadar hormon estrogen dalam tubuh.
    Wanita yang mengalami menopause biasanya malas untuk berhubungan intim, karena akan merasakan sakit. Hal ini disebabkan karena tidak adanya cairan lumbrikasi pada vagina yang berfungsi sebagai pelumas. Untuk mengatasinya bisa digunakan gel lumbrikasi buatan yang bisa didapatkan di apotek. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau tenaga kesehatan sebelum Anda menggunakannya.

Cara Mengatasi Menopause

     Bagaimana cara mengatasi menopause? Menopause memang tidak bisa dihindari karena hal tersebut merupakan sebuah proses alami yang pasti dialami oleh setiap wanita, namun menopause dini bisa dicegah dan “derita” menopause juga bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini;

  • Lakukan pola hidup sehat
    Lakukanlah pola hidup sehat, yaitu minum air putih minimal 8 gelas sehari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak menggunakan obat terlarang, dan istirahat yang cukup. Kebiasaan melakukan pola hidup sehat akan membuat Anda terhindar dari penyakit dan penuaan dini.
  • Sebisa mungkin hindarilah untuk mengkonsumsi makanan instan
    Makanan instan seperti mie instan dan makanan kaleng kurang baik bagi kesehatan. Sesekali boleh saja untuk mencoba ketika keinginan sangat sulit ditahan, tetapi jangan menjadi kebiasaan. Cukup 1-2 kali sebulan.
  • Perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen
    Beberapa makanan yang mengandung fitoestrogen seperti pepaya, kacang kedelai, bengkoang, gandum, wijen, dan biji bunga matahari sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang mengalami menopause.
  • Perbanyaklah untuk mengkonsumsi sayur dan buah
    Sayur dan buah yang mengandung zat anti oksidan dan serat yang tinggi sangat baik untuk melawan serangan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. seperti berbagai buah berry,Anggur merah,apel sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan,bit merah,seabuckthorn dll
  • Olahraga teratur
    Lakukanlah olahraga secara teratur. Pilihlah olahraga ringan yang mudah dilakukan seperti jalan-jalan di pagi hari. Aktivitas tersebut cukup untuk membakar lemak dan melancarkan sirkulasi darah.

ladyfem

Demikian beberapa cara mencegah menopause dini yang bisa Anda coba. Meskipun telah mengalami menopause Anda tidak boleh berkecil hati. Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas harian termasuk aktivitas seksual bersama suami. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel :
kandungan dan manfaat buah seabuckthorn
manfaat buah bit merah
makanan yang banyak mengandung antioksidan

Tags: , , , , , ,

Related to cara mencegah dan mengatasi menopause dini