cara mengatasi rasa sakit saat melakukan hubungan seksual

Post On: 11 December 2015
By:
June 15, 2016

tissue majakaniMengatasi Rasa Sakit Saat Melakukan Hubungan Seksual

     Bagi pasangan suami istri hubungan seksual merupakan aktivitas yang menyenangkan. Hubungan seksual banyak manfaatnya, diantaranya menambah rasa cinta suami istri, menambah kebugaran tubuh, dan memberi pengaruh positif pada kesehatan tubuh. Seharusnya hubungan seksual akan memberikan kenikmatan bagi kedua belah pihak, namun pada beberapa wanita hubungan seksual justru mendatangkan trauma akibat rasa sakit yang dirasakan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi rasa sakit saat melakukan hubungan seksual?
Dalam kedokteran, rasa sakit saat berhubungan seksual disebut dispareunia. Rasa sakit tersebut bisa disebabkan karena faktor fisik maupun psikis, diantaranya;

  • Vagina kering
    Vagina kering/ kurang pelumas bisa terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause, wanita hamil, dalam masa pengobatan kanker payudara, atau wanita dengan penyakit tertentu.
    Untuk mengatasinya bisa dilakukan terapi hormon, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, dan menghindari dehidrasi. Hindari semprotan vagina, akan tetapi gunakan pelumas alami yang mengandung air. Pasangan juga harus memberikan rangsangan yang cukup lama sebelum berhubungan seksual agar muncul lumbrikasi alami dari vagina.
  • Linchen sclenrosis
    Penyakit ini berupa lapisan kulit tipis berwarna putih yang menutup lapisan kulit. Hal ini juga bisa menjadi penyebab rasa sakit saat berhubungan seksual. Masalah ini bisa diatasi dengan obat-obatan jenis steroid topikal. Dan Anda harus berkonsultasi pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Vulvodinia
    Vulvodinia merupakan sejenis sindrom yang mengakibatkan vagina menjadi sangat sensitif. Hal ini bisa dipicu karena sering mengalami infeksi jamur, misalnya keputihan. Untuk mengatasi hal ini konsultasikan pada dokter spesialis kandungan.
  • Vaginismus
    Vaginismus merupakan istilah kedokteran untuk menyatakan rasa sakit saat berhubungan seksual yang disebabkan karena menegangnya otot-otot dasar panggul. Cara mengatasinya dengan terapi fisik pada panggul. Selain itu sebelum berhubungan seksual harus dilakukan pemanasan (foreplay) yang cukup lama. Konsultasikan hal ini pada dokter dan terapis.
  • Penyakit
    Beberapa penyakit seperti kanker, endometriosis, fibroid, dan sindrom ovarium polisistik dapat menjadi penyebab munculnya rasa sakit saat berhubungan seksual. Namun jika penyakit tersebut sembuh maka rasa sakit juga akan hilang. Makin cepat ditangani penyakitnya, maka kesembuhan akan semakin cepat.
  • Posisi saat berhubungan seksual
    Terkadang pada posisi tertentu, wanita merasa tidak nyaman bahkan sakit selama berhubungan seksual. Cara mengatasinya sebenarnya mudah; komunikasikan hal ini bersama pasangan, dan cari posisi bercinta yang nyaman untuk kedua belah pihak.
  • Siklus haid
    Siklus haid yang tidak teratur terkadang juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa sakit ketika berhubungan seksual. Sebenarnya rasa sakit karena siklus haid hanya bersifat sementara, dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika hal tersebut dirasa sangat mengganggu, konsumsilah obat pelancar haid yg telah direkomendasikan oleh dokter spesialis atau konsultasikan pada dokter spesialis kandungan untuk mengatasinya.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa sakit saat melakukan hubungan seksual. Semoga bermanfaat!

foredi
Baca juga artikel :
Posisi seks yang baik dan benar
mengatasi masalah haid,kista dan kurang bergairah
penyebab penyakit kista

Tags: , , , , , ,

Related to cara mengatasi rasa sakit saat melakukan hubungan seksual