cara mengobati hepatitis

Post On: 14 November 2015
By:
April 9, 2016

forediCara mengobati hepatitis

     Berbagai cara mengobati hepatitis sudah dilakukan orang, namun tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena beda jenis dan penyebabnya, maka berbeda punya terapinya. Sebelum mengetahui cara menyembuhkan hepatitis, ada baiknya kita belajar dulu sekelumit tentang hepatitis dan faktor yang menyebabkannya.

Cara Mengobati Hepatitis

     Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ vital manusia, yaitu hati. kebanyakan faktor penyebabnya adalah virus, tapi ada juga yang dikarenakan gaya hidup seperti suka mengkonsumsi alkohol serta makanan instan. Virus yang mencetusnya sendiri bermacam-macam, ada A, B, C, D, E dan G. Belakangan hepatitis G baru ditemukan dan belum banyka informasi mengenainya.

 

 

Pencegahan

     Untuk mencegah penyakit hepatitis ini. Pertama, ikuti imunisasi dasar lengkap yang membuat buah hati kebal terhadap virus hepatitis A dan B. Dalam imunisasi tersebut sudah ada vaksin yang dimaksudkan agar tubuh memiliki serum untuk melawan kuman hepatitis. Sebenarnya, Hepatitis A adalah jenis penyakit akut saja dan penderita akan kebal setelah sembuh. Tapi, mengikuti program imunisasi tentu lebih baik.

Pengobatan hepatitis

     Dari sekian jenis virus hepatitis, ada dua yang ditakuti, yaitu B dan C. Untuk hepatitis A jarang yang sampai parah karena manusia punya sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga mampu menciptakan penyerangan terhadapnya. Bahkan, banyak diantara penderita yang sembuh begitu saja tanpa diobati.

Sedangkan virus hepatitis B dan hepatitis C bertahan lama didalam tubuh penderita. Cara mengobati hepatitis adalah dengan memberikan obat-obatan dosis tinggi dan pengecekan darah sampai beberapa tahun setelah pasien dinyatakan sembuh. Masalahnya, mantan penderita hepatitis B masih membawa virus tersebut dalam bentuk kristal.

     Penderita hepatitis B biasanya mengetahui kalau dirinya telah terinfeksi setelah beberapa lama. Artinya, tidak ada gejala khusus yang mencolok dari penyakit ini sebelum parah. Setelah mencurigai adanya serangan virus hepatitis, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG, fibro scan dan tes darah. semua tes ini bermaksud mengetahui seberapa besar virusnya dan kerusakan hati.

     Setelah memastikan penyakit anda, dokter akan memberikan resep obat. Pada tahap awal yang belum terjadi kerusakan hati tentu tujuan dari obatnya adalah untuk mencegah kerusakan. Berbeda dengan pasien yang hatinya terlanjur rusak parah dan tidak dapat berfungsi, maka obat antivirus harus segera diberikan.

     Mengapa kerusakan hati menjadi perhatian utama? masalahnya, ada beberapa orang yang sudah memiliki sistem pertahanan alami utuk melawan hepatitis. Apabila manusia meodern yang sudah mendapatkan imunisasi. Jadi, pengobatan bersifat simptomatis semata dan menjaga hati agar tetap sehat.

     Begitulah cara mengobati hepatitis yang dapat dilakukan. Obat diberikan dalam kurun waktu yang cukup lama, bahkan sampai hitungan tahun. Itupun belum tentu membunuh semua virus yang ada didalam tubuh penderita. Sistem kekebalan tubuhlah yang menentukan proses kesembuhan pasien. jadi, harus benar-benar menjaga gaya hidup sehat dan tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan.

baca juga artikel Hidup sehat tanpa penyakit

Tags: , , , , , ,

Related to cara mengobati hepatitis