cara mengobati penyakit asam urat

Post On: 19 November 2015
By:
April 8, 2016

foredicara mengobati penyakit asam urat

Di era modern yang serba enak ini, banyak masyarakat yang kemudian menderita penyakit asam urat. Salah satu penyakit degeneratif tersebut berasal dari penumpukan zat purin sehingga menyerang ginjal dan persendian. Akhirnya, penderita mengeluh lututnya tidak dapat digerakkan atau terasa sangat sakit sehingga mengganggu aktifitas. Nah, bagaimana cara mengobati penyakit asam urat?

Untuk bisa sembuh dari penyakit asam urat tidak cukup dengan mengkonsumsi obat semata, tapi juga harus mengubah gaya hidup dan pola makan anda. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi dan akan dijelaskan lebih rinci dalam uraian berikut ini.

makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat

Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan peningkatan purin di dalam tubuh. Contoh makanan tersebut adalah jeroan (hati, rempela, jantung, usus dan ginjal), daging yang berwarna merah terutama daging babi, sapi dan kambing, hewan laut (kepiting, udang, cumi-cumi), bebek, santan dan yang berminyak. Sebaiknya hindari juga makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Adapun jenis sayuran yang harus dihindari adalah cabe, daun singkong, bayam, jamur, buncis dan kembang kol. Sedangkan buah yang membuat asam urat anda kambuh antara lain nanas, nangka dan durian. Sebaiknya juga menghindari produk kacang-kacangan, terutama kacang tanah.

Ternyata banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Karena cara mengobati asam urat yang utama adalah pantang makanan, maka anda harus mau meninggalkan untuk sementara waktu. Kalau sudah sembuh, boleh kembali mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Makanan yang disarankan untuk penderita asam urat

Ada makanan yang dipantang dan ada juga yang sangat disarankan, utamanya buah-buahan yang mengandung vitamin C, Contoh buah tersebut adalah jeruk, blimbing, Strawberry, Apel, Buah naga dan tomat. Sedangkan sayurannya adalah sawi, baik yang berwarna hijau maupun putih. Anda juga dianjurkan untuk teratur minum wedang jahe.

obat kuat

Meredakan nyeri

Pada kasus asam urat yang ringan, penderita dapat mengobatinya sendiri dengan cara melakukan kompres hangat. Bisa menggunakan handuk yang dicelup air hangat atau menyekanya dengan botol berisi air hangat. Tehnik ini bertujuan untuk merilekskan otot-otot disekitar sendi dan mencegah pembengkakan yang lebih luas.

Kalau rasa sakitnya teramat parah, dokter akan memberikan pereda nyeri dari golongan anti inflamasi non steroid. Tapi, penderita tidak boleh mengkonsumsi obat tersebut bila ginjalnya terbukti bermasalah.

Langkah pengobatan paling akhir bila asam urat sudah demikian parah adalah kortikosteroid. Misalnya dexametason dan prednison. Sayangnya obat ini juga tidak aman seratus persen karena akan menimbulkan dampak buruk pada jantung, tekanan darah dan glukoma bila dikonsumsi terlalu lama.

Daripada bergantung pada obat, lebih baik pantang makanan dan menghindari aktivitas berlebih karena kelelahan akan memperparah kondisi. konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari agar racun makanan dalam tubuh dapat dinetralisir. itulah berbagai cara mengobati asam urat dan resiko yang ditimbulkan, Semoga membantu masalah anda.

baca juga artikel membersihkan racun dalam tubuh dengan cara detox

 

 

Tags: , , , , , ,

Related to cara mengobati penyakit asam urat