faktor yang mempengaruhi kesuburan pria

Post On: 19 December 2015
By:
April 8, 2016

forediFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUBURAN PRIA

     KESUBURAN adalah sebuah kondisi di mana individu mampu untuk melakukan proses reproduksi. Kesuburan merupakan salah satu faktor utama dalam menghasilkan keturunan. Ketika seorang pria dan wanita yang sama-sama subur melakukan perkawinan maka akan menghasilkan keturunan (anak). Namun apabila ada salah satu diantara pasangan yang memliliki GANGGUAN KESUBURAN, maka anak akan sulit didapatkan.
Pada zaman dulu ketika pasangan suami istri telah lama menikah namun belum juga memiliki anak, wanita selalu yang dianggap tidak subur (mandul). Akan tetapi setelah dilakukan penelitian ternyata bukan wanita saja yang bisa mengalami gangguan kesuburan, pria pun juga bisa mengalami gangguan kesuburan. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan pria ;

  • Gangguan hormonal
    Gangguan hormonal pada pria akan mempengaruhi tingkat kesuburannya; sperma menjadi lemah, jumlah produksi sperma menurun, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut menyebabkan sel sperma tidak dapat membuahi sel telur.
  • Mutasi genetik
    Pada beberapa pria bisa terjadi mutasi genetik di mana terdapat kromosom tidak normal yang menyebabkan gangguan kesuburan. Salah satu penyakit yang timbul karena mutasi genetik adalah Cystic Fibrosis. Selain mengganggu kesuburan pria, penyakit tersebut juga menyebabkan masalah kesehatan yang lain.
  • Varikokel
    Varikokel adalah kondisi di mana pampiniform plexus (pembuluh darah balik pada saluran sperma) membesar secara tidak normal. Kelainan tersebut karena pembuluh darah terjepit. Varikokel menyebabkan sperma tidak dapat keluar sehingga secara otomatis tidak akan terjadi pembuahan. Gejala penyakit ini umumnya terlihat dengan adanya benjolan pada skrotum.
  • Kelainan anatomis
    Pria yang tidak subur ( PRIA MANDUL ) mungkin bisa disebabkan karena adanya kelainan sejak lahir, seperti saluran sperma yang tidak berkembang secara normal sejak dalam kandungan. Selain karena bawaan sejak lahir, kondisi tersebut juga bisa disebabkan karena adanya infeksi yang mengakibatkan peradangan dan penyumbatan saluran sperma. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri atau virus.
  • Merokok
    penyebab kemandulan pada pria juga busa karena rokok,Merokok merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum pria. Pria bisa menghabiskan lebih dari sebungkus rokok setiap harinya, dan tanpa disadari kebiasaan tersebut memicu munculnya beberapa penyakit berat seperti jantung, paru-paru, kanker, impotensi, dan gangguan kesuburan.
  • Minuman beralkohol
    Kebiasaan minum minuman beralkohol dapat mengganggu kesuburan karena alkohol dapat mengurangi produksi sperma.
  • Obat-obat terlarang
    Hindari kebiasaan mengkonsumsi obat-obat terlarang seperti ormoneic, obat-obat penenang, dan obat pereda rasa nyeri karena dapat menimbulkan gangguan kesuburan.
  • Radiasi
    Paparan radiasi dari beberapa alat elekronik juga diyakini bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Radiasi tersebut bisa mengurangi jumlah sel sperma dan memperlemah gerakan sel sperma sehingga sel sperma bergerak lambat dan akan mati sebelum membuahi sel telur.

Untuk MENGATASI GANGGUAN KESUBURAN, Anda bisa berkonsultasi pada dokter agar diupayakan kesembuhannya. Hindari beberapa kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan konsumsi obat-obat terlarang. Biasakan diri melakukan olahraga secara rutin untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu perbanyaklah mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin E.

Baca juga artikel :
gejala, penyebab dan cara mengatasi prostat
tumbuhan yang berguna sebagai penambah stamina
trik mengatasi ejakulasi dini

Tags: , , , , , ,

Related to faktor yang mempengaruhi kesuburan pria