faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita

Post On: 18 December 2015
By:
March 24, 2016

tissue majakaniFaktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

     Kesuburan merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam melakukan proses reproduksi hingga menghasilkan keturunan. Kesuburan pria dan wanita menjadi salah satu faktor penentu lahirnya anak. Kesuburan bisa terganggu sehingga pasangan suami istri sulit punya anak. Berikut ini adalah beberapa FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUBURAN WANITA ;

  • Usia
    Usia berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita. Wanita berusia 20-30 tahun termasuk ke dalam golongan yang paling subur. Dokter menyarankan pernikahan terjadi saat wanita berada pada rentang usia tersebut agar kemunkinan memperoleh keturunan lebih besar.
    Wanita yang berusia di atas usia 35 tahun kesuburannya telah menurun namun tetap bisa hamil, sedangkan wanita yang berusia di atas 40 tahun kesuburannya telah sangat menurun dan memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk hamil.
  • Usia ibu saat menopause
    Wanita yang mengalami menopause (berhentinya masa menstruasi) dibawah usia 45 tahun memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah. Seorang wanita tergolong subur jika menopausenya terlambat bahkan mendekati usia 50 tahun.
  • Siklus haid
    Wanita yang subur memiliki silus haid yang teratur, yaitu jarak haid hari pertama hingga haid berikutnya sekitar 21 hingga 35 hari. Bahkan wanita yang sangat subur memiliki siklus haid yang selalu teratur, selalu maju dan tidak pernah mundur. Kalau haidnya mundur berarti ada gejala kehamilan.
  • Keputihan
    Keputihan biasa terjadi pada sebelum dan sesudah masa haid. Terdapat sedikit cairan putih namun tidak berbau dan hal tersebut normal. Keputihan disebut abnormal jika freukensi cairan lebih banyak, berwarna hijau/ keabuan, berbau, dan terasa gatal. Biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur. Keputihan abnormal harus segera diatasi karena dapat mengganggu kesuburan.
  • Jumlah darah haid
    Jumlah darah haid sangat sedikit bisa merupakan gejala terjadinya sindrom ovarium polikistik. Penyakit ini menyebabkan wanita mengalami peningkatan hormon androgen (hormon pria) sehingga mengganggu kesuburan.. Gejala lainnya; wanita merasa lelah yang berlebihan, berat badan semakin melonjak secara drastis, dan adanya keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan yang manis
  • Nyeri haid
    Nyeri saat haid bisa merupakan gejala penyakit endometriosis, yaitu menempelnya sel endometrium pada tempat yang tidak semestinya sehingga mengganggu kesuburan.
  • Merokok
    Kebiasaan merokok dapat mengganggu sistem peredaran darah. Hal ini menyebabkan organ tubuh tidak memperoleh aliran darah yang cukup, termasuk organ reproduksi. Maka produksi sel telur pun menjadi terganggu.
  • Berat badan
    Berat badan juga merupakan salah satu faktor penyebab kemandulan wanita. Wanita yg memiliki berat badan berlebih memiliki hormon yang berlebih pula. Kondisi hormon yang tidak seimbang ini akan mengganggu proses pengeluaran sel telur. Maka dari itu biasakan untuk berolahraga secara rutin agar berat badan selalu ideal.
  • Diet ketat
    Boleh saja menjalani diet namun jangan terlalu ketat karena diet yang terlalu ketat akan membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak seimbang. Kadar gula dalam darah yang terlalu rendah akan membuat penyerapan hormon progesteron menjadi terhambat.

     Apabila Anda memiliki masalah mengenai kesuburan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan membantu Anda mencari solusinya. Semoga berhasil.

Baca juga artikel :
penyakit keputihan dan penyebabnya
kemandulan dan beberapa faktor penyebabnya
apakah kemandulan dapat diobati?

Tags: , , , , , ,

Related to faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita