gejala dan cara mengobati penyakit tipes

Post On: 21 December 2015
By:
March 27, 2016

forediPenyakit Tipes dan Cara Mengatasinya

     Penyakit tipes merupakan penyakit peradangan pada usus akibat terinfeksi bakteri Salmonella paratyphosa atau Salmonella typhosa. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tercemar. Setelah masuk ke dalam usus halus, bakteri akan melanjutkan perjalanan ke sistem peredaran darah hingga menimbulkan demam yang tinggi.
Pada zaman dahulu, saat ilmu kedokteran belum semaju sekarang penderita tipes diduga terkena ilmu santet. Hal ini karena penderita tipes mengalami demam yang tinggi disertai mengigau, bahkan terkadang menyebut nama orang yang sudah meninggal. Itu merupakan fakta masa lalu, dan kini sudah saatnya kita mengetahui cara mengatasi penyakit tipes

Gejala Penyakit Tipes
Gejala awal penyakit tipes hampir sama seperti penyakit demam berdarah dengue, yaitu demam tinggi. Ketika dilakukan cek darah, akan ditemukan penurunan trombosit. Demam yang tinggi akan terus berlanjut selama 1 minggu, bahkan jika kondisi penyakitnya tergolong parah bisa bertahan hingga 2-3 minggu. Pada saat itu kondisi penderita benar-benar menurun, sering mengigau, serta mengalami nyeri pada perut disertai mual dan muntah. Pada kasus tertentu juga terdapat bercak merah di beberapa bagian tubuh penderita mirip penderita demam berdarah dengue.

banner fiforlif1

Penularan Penyakit Tipes
Penyakit tipes bisa menular pada orang-orang di sekitar penderita. Penularan bisa melalui kontak langsung dari anggota tubuh seperti bersalaman atau bersentuhan. Selain itu bisa pula menular melalui sisa makanan penderita atau peralatan yang habis dipergunakan, seperti gelas, piring, sendok, dan sebagainya.
Untuk mencegah penularan penyakit tipes sebaiknya segera mencuci tangan dengan sabun antiseptik setelah melakukan kontak dengan penderita dan berikan peralatan khusus untuk penderita (jangan dipakai bersama).
Cara Mengatasi Penyakit Tipes
Ketika dilakukan pemeriksaan, dokter akan mengetahui seberapa parah penyakitnya. Jika penyakitnya masih tergolong ringan, penderita bisa dirawat di rumah tanpa harus opname di rumah sakit. Tentunya harus rajin meminum obat yang diberikan dokter, banyak istirahat, banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang bertekstur lembut. Penderita tipes yang telah parah harus menjalani rawat inap di rumah sakit agar dokter bisa memantau perkembangan kesehatannya. Umumnya penderita akan sembuh setelah menjalani perawatan selama 2-3 minggu.
Penyakit tipes bisa kambuh kembali jika penderita mengalami kelelahan. Jadi sebaiknya harus selalu menjaga kondisi tubuh dengan cara mengkonsumsi vitamin penambah stamina.
ada juga cara alami untuk mengobati Penyakit tipes juga bisa diobati dengan menggunakan bahan alami, yaitu cacing tanah. Caranya; beberapa ekor cacing tanah dicuci bersih dan keluarkan isi perutnya. Kemudian jemur di bawah matahari hingga kering. Selanjutnya rebus dalam 1 gelas. Ramuan tersebut diminum setiap hari. Namun jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, Anda bisa mendapatkan obat alami ini dalam bentuk kapsul cacing tanah yang dijual di apotek.
Demikian tulisan mengenai penyakit tipes dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel :
Bahaya BAB tidak lancar
Gejala dan cara mengobati penyakit hipertensi
cara mengeluarkan racun dari dalam usus

Tags: , , , , , ,

Related to gejala dan cara mengobati penyakit tipes