gejala penyebab dan cara mengobati kanker hati

Post On: 6 January 2016
By:
June 29, 2016

forediGejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Hati

     Kanker hati merupakan penyakit yang menyerang pada organ hati. Terdapat dua jenis kanker, yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Jenis kanker hati primer lebih berbahaya dan penyakitnya berpusat di organ hati. Jika serangan penyakit bermula dari organ lain baru kemudian menyebar ke hati disebut kanker hati sekunder.
Sebagian besar penderita kanker hati adalah kaum lansia dan umumnya dialami oleh mereka yang tinggal di negara-negara berkembang. Berdasarkan penelitian beberapa penderita kanker hati merupakan pengidap penyakit hepatitis B dan hepatitis C. Dan penderita kanker hati yang hidup di Negara maju merupakan mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan penderita obesitas.
Di Indonesia, terdapat lebih dari 33.000 penderita kanker hati setiap tahun dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah, mengingat penderita hepatitis B dan hepatitis C di Indonesia kini mencapai 30 juta orang. Nah, berikut ini beberapa gejala, penyebab dan cara mengobati kanker hati;

Gejala Kanker Hati
Gejala awal kanker hati yaitu mual dan terlihat kelelahan. Ketika seseorang mengalami gejala ini biasanya akan menganggap remeh. Selanjutnya rasa lelah semakin bertambah tanpa sebab yang jelas, muntah-muntah, dan muncul warna kuning pada kuku, bola mata, dan kulit akibat peningkatan kadar bilirubin dalam tubuh akibat organ hati tidak dapat berfungsi secara normal.

Penyebab Kanker Hati
Penyebab kanker hati belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan penelitian, kanker hati bisa disebabkan oleh rusaknya jaringan sel-sel pada organ hati itu sendiri. Dan kerusakan tersebut erat kaitannya dengan penyakit hepatitis B dan hepatitis C.
Di sisi lain munculnya penyakit hepatitis B dan hepatitis C pun hingga kini masih menjadi bahan penelitian dan kajian oleh para ahli. Hasil penelitian menyatakan bahwa hepatitis B dan hepatitis C disebabkan oleh golongan virus tertentu yang akan menyebabkan infeksi di saat stamina seseorang sedang menurun. Beberapa orang yang rentan terhadap serangan virus hepatitis B dan hepatitis C adalah para pecandu minuman beralkohol dan para pengidap obesitas.
Hepatitis B dan hepatitis C bisa menular pada orang lain melalui beberapa cara; melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita seperti darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu yang terinfeksi. Selain itu penularan juga bisa melalui tranfusi darah dan jarum suntik yang digunakan bergantian. Menggunakan barang-barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, dan gunting cukur secara bergantian juga bisa menularkan virus hepatitis B dan hepatitis C.

Cara Mengobati Kanker Hati
Saat Anda mengalami gejala yang menjurus kepada kanker hati segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyakit Anda. Ketika Anda dinyatakan positif menderita kanker hati, dokter akan menentukan dimana stadium penyakit Anda. Jika penyakit kanker hati masih berada di stadium awal maka proses pengobatannya akan lebih mudah.
Pengobatan pada kanker hati bisa dilakukan dengan ablasi frekuensi radio untuk menghancurkan sel-sel kanker. Cara pengobatan selanjutnya adalah operasi reseksi untuk mengangkat bagian-bagian tertentu dari organ hati. Dan cara ketiga adalah transplantasi hati (pencangkokan hati), yaitu mencari donor hati untuk mengganti organ hati yang rusak.

Demikian beberapa gejala, penyebab dan cara mengobati kanker hati yang perlu Anda ketahui. Agar terhindar dari penyakit tersebut biasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat, yaitu makan makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, serta hindari rokok dan alkohol. Hindari pula hubungan seks bebas dan pemakaian jarum suntik secara sembarangan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel :
cara mengobati hepatitis
gejala dan penyebab penyakit diabetes
cara mengobati penyakit diabetes

Tags: , ,

Related to gejala penyebab dan cara mengobati kanker hati