Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Otak

Post On: 10 January 2016
By:
March 22, 2016

forediGejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Otak

     Sebelum mengetahui cara mengobati kanker otak terlebih dahulu kita mengenal apa itu kanker otak. Kanker otak merupakan jenis penyakit langka yang menyerang otak. Pada awalnya merupakan jenis tumor sebagai akibat dari pertumbuhan sel otak yang tidak normal. Pada dasarnya tingkat keganasan kanker otak terbagi dalam beberapa stadium; stadium 1 dan 2 masih tergolong jinak dan belum disebut sebagai kanker, sedangkan stadium 3 dan 4 termasuk kanker otak ganas. Kanker otak ganas akan menyebar dengan cepat ke bagian lain di otak dan bagian tulang belakang.

Kanker otak terbagi menjadi dua, yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer sumber penyakitnya berada pada organ otak itu sendiri, dan pada kanker otak sekunder sumber penyakitnya ada pada organ tubuh lain kemudian menyebar hingga ke otak.

Kanker otak bisa menyerang siapa saja dan tidak pandang usia, mulai anak-anak hingga lansia. Di Indonesia terdapat sekitar 1200 penderita pria dan 800 wanita setiap tahunnya. Berikut ini seluk-beluk kanker otak, tentang gejala, penyebab dan cara mengobati kanker otak ;

Gejala Kanker Otak
Penderita kanker otak terkadang tidak menyadari penyakitnya. Mereka baru sadar ketika penyakitnya telah berada pada stadium lanjut. Padahal kanker otak stadium lanjut lebih sulit disembuhkan. Untuk itu sebaikknya kita mengetahui beberapa gejala awal kanker otak, yaitu;

  • Merasa lelah secara berlebihan
  • Mudah mengantuk
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Sulit berjalan
  • Sering merasa mual dan kadang-kadang diikuti muntah
  • Sulit berbicara

Hirvero, antioksidan
Penyebab Kanker Otak
Kanker otak umumnya berasal dari kanker yang menyerang bagian tubuh lain, baru kemudian menyebar hingga ke otak. Beberapa orang yang memiliki tingkat resiko tinggi antara lain; pengidap penyakit genetika seperti sindrom gorlin dan sklerosis tuberose, mereka yang memiliki anggota keluarga yang menderita tumor otak, mereka yang menjalani radioterapi otak, dan mereka yang pernah terpapar zat-zat kimia misalnya formaldehida.

Pengobatan Kanker Otak
Pada saat kanker otak masih berupa tumor jinak, maka proses pengobatan akan jauh lebih mudah. Namun umumnya pasien kanker otak telah berada pada stadium lanjut (stadium 3 dan 4), maka ada beberapa cara pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter, yaitu;

  • Pengangkatan tumor secara keseluruhan dengan cara operasi
  • Metode Radioterapi
  • Metode Kemoterapi
  • Kombinasi antara metode radioterapi dan metode kemoterapi

     Pada beberapa kasus kanker otak yang telah mencapai stadium lanjut, upaya pengobatan seakan hanya untuk meringankan penyakitnya atau memperpanjang usia penderita saja, karena beberapa tahun kemudian kanker otak akan kembali kambuh. Akhirnya banyak penderita kanker otak yang tidak tertolong.
Cara terbaik adalah dengan mengetahui gejala kanker otak sejak dini sebelum semuanya terlambat. Jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter apabila terdapat “sesuatu” yang terasa aneh pada tubuh kita. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik dari pada mengobati.

Baca juga artikel :
kemandulan dan penyebabnya
Apakah kemandulan dapat disembuhkan?
mengapa saat haid mengeluarkan darah?

Tags: , , , ,

Related to Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Otak