Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Jantung

Post On: 9 January 2016
By:
July 1, 2016

forediGejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Jantung

 sebelum membahas Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Jantung mari kita mengenal fungsi dari pada jantung didalam organ tubuh kita.

    Jantung merupakan salah satu organ paling vital dari tubuh kita. Jantung melakukan tugas yang sangat penting yaitu memompa darah untuk diedarkan keseluruh tubuh. Darah membawa sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh agar seluruh tubuh mendapatkan pasokan nutrisi.

     Jantung yang tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik akan membuat peredaran darah menjadi terhambat dan sangat berbahaya bagi tubuh. Gangguan ini sering disebut serangan jantung. Serangan jantung merupakan penyakit yang banyak mematikan.

Gejala Penyakit Jantung

Beberapa gejala penyakit jantung yang paling sering dialami adalah;

  • Merasa sesak nafas
  • Sering pusing bahkan ada beberapa orang mengalami pingsan
  • Sering mengalami rasa nyeri di dada sebelah kiri
  • Jantung sering berdebar-debar tanpa sebab
  • Sering kelelahan
  • Sering pusing atau pening
  • Sering mengalami gangguan pencernaan

obat-kuat-foredi

Penyebab penyakit jantung

     Serangan jantung bisa terjadi secara tiba-tiba ketika pembuluh darah utama yg memasok aliran darah ke jantung tersumbat oleh kotoran yang disebut plak. Plak bisa timbul karena kolesterol yang menumpuk.

Beberapa orang sangat beresiko tinggi terhadap penyakit jantung, diantaranya perokok, penderita diabetes, orang yang memiliki kolesterol tinggi, penderita hipertensi, dan pengidap obesitas.

Pengobatan penyakit jantung

     Jika ada orang yang terkena serangan jantung, keluarganya harus segera membawanya ke rumah sakit. Tidak tersedia waktu yang cukup banyak untuk menunggu. Menunggu terlalu lama berarti terlambat, karena banyak kasus kematian penderita serangan jantung sebelum berhasil tiba di rumah sakit.

     Biasanya kematian terjadi karena pertolongan datang terlambat sehingga muncul beberapa komplikasi, seperti gagal jantung (rusaknya otot jantung sehingga jantung tidak dapat memompa darah), aritmia (detak jantung yang tidak normal, berdetak semakin kencang hingga akhrnya berhenti), syok kardiogenik (otot jantung yang rusak parah), dan jantung rupture (kondisi otot, dinding, dan katup jantung yang mengalami keretakan).

     Penderita yang berhasil tiba di rumah sakit akan segera mendapatkan bantuan pernafasan dan penanganan dengan alat pacu jantung. Dokter juga akan memberikan beberapa jenis obat seperti thrombolystics, antiplatelet, dan nitroglycerin.

     Selain pemberian obat-obatan, pengobatan juga dilakukan dengan cara operasi angioplasty koroner, operasi bypass jantung, dan transplantasi jantung (pencangkokan jantung dari organ pendonor). Penderita penyakit jantung umumnya akan mengalami kambuh bila daya tahan tubuhnya kurang baik.

     Untuk memulihkan kondisi tubuh seperti sedia kala, penderita harus melakukan pola hidup sehat. Tinggalkan kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan makanan yang mengandung lemak tinggi/ kolesterol tinggi. Biasakan pula untuk rajin berolahraga untuk menunjang kebugaran tubuh. Olahraga ringan seperti jalan-jalan dan bersepeda sangat baik untuk penderita jantung. Terakhir, konsultasikan pada ahli gizi tentang makanan-makanan yang perlu Anda konsumsi untuk menunjang kesehatan jantung Anda.

Demikian beberapa gejala, penyebab dan cara mengobati penyakit jantung yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel :
gejala dan cara mengobati hipertensi
cara mengobati kolesterol
gejala dan penyebab penyakit diabetes

Tags: , , , , ,

Related to Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Jantung