gejala, penyebab dan cara mengobati prostat

Post On: 26 November 2015
By:
June 5, 2016

Kelenjar prostat, Penyebab dan cara mengobati prostat

Kelenjar prostat merupakan sebuah organ yang hanya ada pada pria. Kelenjar tersebut berukuran kecil yang terletak antara alat vital dan kandung kemih dan mengelilingi saluran uretra. Kelenjar prostat berfungsi untuk memproduksi air mani yang mengandung sejumlah nutrisi sekaligus sebagai alat penggerak saat sperma keluar. Beberapa masalah yang sering terjadi pada prostat diantaranya adalah pembesaran prostat, kelenjar prostat yang mengalami peradangan dan kanker prostat

Pembesaran prostat adalah yang paling sering terjadi dam umumnya dialami oleh para pria berusia lanjut (Diatas 70 tahun), namun tidak menutup kemungkinan ada pula pria yang masih berusia 40 tahun-an terkena penyakit ini. Pada kondisi normal/sehat, Prostat hanya berukuran sebuah buah kenari namun jika prostat bermasalah bisa mengalami pembengkakan hingga sebesar buah jeruk. Ukuran pembesaran prostat pada tiap-tiap orang tidak sama, tergantung seberapa parah tingkat penyakitnya.

Pembesaran prostat harus segera diobati karena akan menghambat aliran air kencing dari kandung kemih sehingga lambat-laun akan menyebabkan gangguan pada kandung kemih, saluran kencing dan organ ginjal. Kaum pria sebaiknya perlu mengetahui mengenai beberapa gejala prostat, penyebab prostat dan cara mengobati prostat  agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Gejala pembesaran prostat

Gejala pembesaran prostat diantaranya :

  • Air kencing memancar dengan lemah, terputus-putus dan tidak tuntas
  • sering mengalami kencing tanpa disadari (bahasa jawa : beser ) sehingga terkadang bisa mengompol
  • saat mengeluarkan air kencing terasa susah sehingga perlu mengejan
  • adanya penyakit lain yaitu infeksi saluran kencing

Penyebab pembesaran prostat

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya pembesaran pada prostat, namun para ahli menyatakan bahwa hal ini ada hubungannya dengan hormon testoron mempengaruhi kesuburan pria dan juga produksi sperma. Kebanyakan pria berusia lanjut telah jarang berhubungan seks sehingga hal ini mungkin mempengaruhi pembesaran prostat.

Cara mengobati prostat

Pada penderita yang mengalami pembesaran prostat, dokter akan memberikan beberapa obat jenis Alpha blockers, diantaranya terazosin, doxazosin, tamzulosin, alfuzosin dan silodosin. Beberapa obat tersebut akan membuat kandung kemih dan otot prostat menjadi lebih rileks, uretra pun tidak tertekan sehingga memudahkan saat kencing.Pemeriksaan rutin juga harus selalu dilakukan minimal setahun sekali untuk mengetahui perkembangan penyakitnya. jika penyakit semakin parah, kemungkinan dokter akan melakukan tindakan operasi.

obat-kuat-foredi

Demikian beberapa gejala prostat, penyebab prostat dan cara mengobati prostat yang mengalami pembesaran namun upaya terbaik yang harus anda lakukan adalah mencegah penyakit prostat. Pencegahan bisa anda lakukan dengan cara :

  • Jangan biasakan diri menahan air kencing, jika terasa ingin kencing segeralah untuk kencing.
  • melakukan hubungan seks secara rutin sangat dianjurkan dan baik untuk kesehatan prostat, tetapi yang perlu diingat hubungan seks aman hanya dilakukan dengan pasangan yang sah
  • hindari minuman beralkohol
  • biasakan diri berolah raga secara teratur
  • jangan stress karena stress bisa membuat reaksi negatif sehingga tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

. semoga bermanfaat!!

Baca juga artikel :
berbagai manfaat seks
dampak perut buncit bagi kesehatan
manfaat detox (membersihkan racun dalam tubuh)

 

Tags: , , , , , ,

Related to gejala, penyebab dan cara mengobati prostat