mengapa kaki dan tangan sering kesemutan

Post On: 22 November 2015
By:
June 1, 2016

forediMengapa Kaki Dan Tangan Sering Kesemutan? Bagaimana Cara Mengatasinya?

     Apakah Anda pernah mengalami kaki dan tangan sering kesemutan ? Jika hal itu akibat Anda duduk bersila terlalu lama atau kaki/tangan tertindih, tentu merupakan hal biasa karena hanya disebabkan adanya tekanan pada saraf. Untuk mengatasi kesemutan, Anda harus memposisikan tangan dan kaki pada posisi nyaman (jangan sampai tertindih atau tertekan). Dan umumnya gejala kesemutan akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati.
Namun kalau frekuensi kesemutan sering terjadi, maka Anda harus mewaspadainya karena hal itu kemungkinan merupakan gejala penyakit tertentu. Mengapa kaki dan tangan sering kesemutan? bagaimana cara mengatasinya? berikut ini adalah penjelasannya;

Diabetes
Kesemutan yang terjadi pada ujung jari-jari kedua kaki kemungkinan bisa menjadi salah satu gejala penyakit diabetes. Logikanya gula darah yang tinggi dapat merusak saraf-saraf tepi. Ketika Anda mengalami hal ini cobalah mengingat-ingat apakah sering buang air kecil di malam hari, apakah sering merasa haus dan lapar meskipun telah cukup banyak makan dan minum, dan apakah badan Anda sering merasa lemas.
Untuk memastikannya lakukan cek darah untuk mengetahui kadar gula dalam darah Anda. Kalau hasil tes darah Anda positif, maka dokter akan memberikan obat-obatan seperti jenis gabapentin, juga vitamin B1 dan B12. Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan tertentu agar gula darah selalu stabil, kalau perlu pemberian suntikan insulin.

Penyakit rematik
Penyakit rematik merupakan penyakit kambuhan, kadang timbul, sembuh, lalu timbul lagi. Sering kesemutan mungkin merupakan gejala penyakit rematik, biasanya kesemutan terjadi pada pergelangan tangan. Namun umumnya setelah gejala rematik sembuh, kesemutan juga akan sembuh.

Malnutrisi
Kesemutan di tangan dan kaki bisa pula merupakan gejala kekurangan vitamin B 1, B6, dan B 12 (malnutrisi). Makanan yang dikonsumsi sehari-hari mungkin tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Segera periksa ke dokter untuk memastikan hal ini. Untuk mengatasinya bisa minum vitamin B komplek yang dijual di apotek.

banner fiforlif1

Kadar kolesterol tinggi
Kesemutan di tangan bisa merupakan gejala bahwa kadar kolesterol telah melebihi ambang batas normal. Lakukan cek darah untuk memastikan hal ini. Jika hasilnya positif Anda harus segera mengatur pola makan yang sehat. Kurangi asupan lemak seperti gorengan, daging jeroan, lacang-kacangan, dan beberapa makanan lain yang bisa memicu kolesterol.

Stroke
Kesemutan di kaki atau tangan juga bisa menjadi tanda awal seseorang terkena stroke. Kesemutan ini bisa terjadi karena pembuluh darah otak tersumbat sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada saraf tertentu. Untuk memastikannya segera lakukan pemeriksaan ke dokter, karena jika terlambat penyakit ini bisa berakibat fatal; kelumpuhan, pandangan mata kabur bahkan kebutaan, dan susah bicara.

     Nah, kini Anda telah mengerti beberapa penyebab kaki dan tangan kesemutan dan cara mengatasi. Namun bagaimana pun tindakan yang lebih bijaksana adalah mencegah sebelum penyakit-penyakit singgah. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel :
penyebab rematik dan pengobatannya
gejala diabetes dan penyebabnya
cara mengatasi diabetes

Tags: , , , , , ,

Related to mengapa kaki dan tangan sering kesemutan