Mengetahui Kesehatan Dari Warna dan Bentuk Kotoran Saat BAB

Post On: 12 December 2015
By:
July 6, 2016

forediMengetahui Kesehatan Dari Warna dan Bentuk Kotoran Saat BAB

     Manusia memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diproses dalam sistem pencernaan. Sari makanan akan diserap dan diubah menjadi energi, sedangkan sisanya akan dikeluarkan melalui anus. Nah, kotoran sisa tersebut disebut feses. Bagi orang awam, feses hanya dilihat sebagai kotoran yang menjijikkan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa kita dapat mengetahui kesehatan dari warna dan bentuk kotoran (feses) saat BAB. Sehatkah kita? Ataukah ada masalah dengan kesehatan tubuh kita?

  • Warna kuning
    Kotoran saat BAB atau feses umumnya berwarna kuning, akan tetapi jika warna feses terlalu kuning menunjukkan bahwa kandungan lemak pada makanan Anda tergolong cukup tinggi. Berhati-hatilah, karena jika Anda suka mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dapat memicu munculnya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan obesitas.
  • Warna hijau
    Kotoran saat BAB berwarna hijau menunjukkan adanya infeksi bakteri dalam sistem pencernaan Anda. Hal ini mengakibatkan proses metabolisme dalam usus berlangsung cukup singkat sehingga proses pewarnaan feses tidak berlangsung secara sempurna. Jika infeksinya tergolong parah juga akan berpengaruh pada bentuk kotoran yang seharusnya padat menjadi cair, yang mana dalam istilah kesehatan disebut diare.
    Namun feses yang berwarna hijau terkadang juga bukan mengindikasi adanya penyakit. Anda yang suka mengkonsumsi sayuran berwarna hijau tua akan mengeluarkan feses berwarna hijau saat BAB, dan hal ini normal. Zat klorofil pada sayuran tidak dapat 100 % tercerna dalam tubuh, sehingga akan tetap tertinggal dan dikeluarkan saat BAB.
  • Warna putih keabuan
    Kotoran saat BAB berwarna putih keabuan sangat jarang terjadi, akan tetapi bisa terjadi pada orang yang menderita gangguan fungsi hati. Jika Anda mendapati feses Anda berwarna putih keabuan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kesehatan Anda.
  • Warna merah
    Jika kotoran saat BAB berwarna merah, kemungkinan terdapat perdarahan pada usus atau di sekitar anus. Atau bisa juga karena pengaruh makanan dan minuman yang baru saja Anda konsumsi. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter.
  • Warna hitam
    Feses atau kotoran saat BAB berwarna hitam kemungkinan bisa terjadi karena adanya perdarahan pada lambung/ tenggorokan. Seharusnya perdarahan menghasilkan feses yang berwarna merah, namun karena adanya proses oksidasi pada saat melalui cairan lambung maka menghasilkan feses yang berwarna hitam.

banner fiforlif1

Ternyata kita bisa mengetahui kesehatan dari warna dan bentuk kotoran (feses) saat BAB. Feses yang sehat menunjukkan kesehatan tubuh yang baik. Lalu bagaimanakah feses atau kotoran saat BAB yang sehat? Feses yang sehat memiliki ciri-ciri; berwarna kuning emas atau coklat, bertekstur halus tetapi tidak terlalu lembek atau cair, dan memiliki diameter sekitar 3 cm.
Hal ini tentu tidak lepas dari pola hidup dan pola makan sehari-hari. Makan makanan bergizi seimbang dan cukup serat, minum air putih minimal 8 gelas sehari, membatasi makanan yang berlemak tinggi, membatasi makanan yang terlalu asam atau pedas, dan menghindari minuman beralkohol merupakan beberapa upaya kita untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga artikel :
Berbagai Akibat BAB tidak Lancar
Apa itu detox dan manfaatnya ?
Resiko orang Berperut Buncit

 

Tags: , , , , , ,

Related to Mengetahui Kesehatan Dari Warna dan Bentuk Kotoran Saat BAB