penyebab, gejala dan cara mengatasi penyakit bronkitis

Post On: 24 December 2015
By:
June 22, 2016

forediPenyakit Bronkitis, Gejala dan Cara Mengatasinya

     Bronkitis merupakan peradangan pada saluran pernafasan dimulai dari paru-paru hingga bronkus akibat adanya infeksi pada organ tersebut. Ada dua jenis bronkitis, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut biasanya dialami oleh balita, dengan masa infeksi bronkus selama 2-3 minggu. Sedangkan bronkitis kronis biasanya dialami oleh orang dewasa berusia di atas 50 tahun, dengan masa infeksi bronkus selama 3 bulan-1 tahun. Anda perlu tahu tentang penyakit bronkitis, gejala, dan cara mengatasinya agar terhindar dari penyakit pernafasan ini.

Gejala Bronkitis
Gejala-gejala yang sering muncul pada penderita bronkitis, adalah batuk berdahak (lendir berwarna kuning atau hijau), tenggorokan sakit, sesak nafas, hidung tersumbat atau beringus seperti terserang pilek, dada terasa sakit atau tidak nyaman, dan sering merasa lelah.

Penyebab Penyakit Bronkitis
Bronkus merupakan organ pada paru-paru yang memiliki fungsi utama membawa udara masuk ke dalam ke paru-paru atau sebaliknya. Dinding bronkus merupakan penghasil mukosa (dahak) yang berfungsi sebagai penahan debu dan partikel lain agar tidak masuk ke dalam paru-paru dan mencegah iritasi.

     Ketika seseorang berada dalam kondisi lemah virus yang masuk ke dalam paru-paru dapat menyerang dengan mudah sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi pada paru-paru ini merangsang bronkus untuk memproduksi mukosa lebih banyak, kemudian tubuh berusaha mengeluarkannya melalui batuk.

     Rokok merupakan salah satu pemicu hadirnya penyakit bronkitis, karena paparan asap rokok dapat merusak rambut silia yang terdapat pada paru-paru yang berfungsi menghalau debu. Zat-zat pada rokok yang masuk ke dalam paru-paru juga akan mengakibatkan kerusakan permanen pada silia dan dinding bronkus. Akibatnya kotoran akan menumpuk dalam paru-paru karena tidak bisa dikeluarkan secara normal. Hal inilah yang membuat paru-paru akan mudah terkena infeksi. Paparan asap rokok akan lebih berbahaya bila mengenai bayi dan anak-anak.

Fiforlif

Cara Mengatasi Penyakit Bronkitis
Penderita bronkitis akut yang masih mengalami gejala awal umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 minggu tanpa harus ke dokter. Untuk mempercepat penyembuhan penderita harus didukung dengan asupan makanan bergizi, minum air putih minimal 8 gelas sehari, beristirahat cukup, serta perlu menghindari paparan asap terutama asap rokok. Apabila penderita mengalami demam lebih dari tiga hari, dan disertai batuk berdarah sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

     Penderita bronkitis kronis perlu penanganan khusus dari dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap mengenai penyakit ini karena kemungkinan bisa disertai komplikasi penyakit lain seperti pneumonia, jantung atau asma. Meski tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan, akan tetapi ada obat yang berfungsi untuk mengurangi gejala sakitnya. Agar proses penyembuhan lebih efektif, penderita perlu banyak istirahat, makan makanan bergizi, minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan menghindari asap rokok. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak kandungan vitamin C juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan stamina tubuh dan mencegah infeksi.

     Itulah seputar pengetahuan tentang penyakit bronkitis, gejala dan cara mengatasinya. Semoga memberikan manfaat untuk Anda.

.

Baca juga artikel :
manfaat buah bit merah
kenapa pinggang sering pegal-pegal ?
sehatkah jika tangan dan kaki sering berkeringat ?

Tags: , , , , , ,

Related to penyebab, gejala dan cara mengatasi penyakit bronkitis