penyebab rematik dan cara mengobati rematik

Post On: 8 December 2015
By:
April 8, 2016

obatkuatPenyebab rematik dan cara mengobatinya

     Rematik merupakan penyakit peradangan pada otot dan persendian yang menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Penyakit ini bisa menyerang bagian sendi mana pun. Berikut ini adalah beberapa jenis rematik, penyebab rematik, dan cara mengobatinya;

Osteoartritis
Osteoartritis adalah rasa sakit pada persendian dan terbatasnya pergerakan sendi. Penyebab rematik ini adalah penuaan. Osteoartritis bisa terjadi pada persendian mana pun, seperti kaki, pinggang, lutut, pinggul, leher, dan jari. Biasanya persendian akan semakin sakit saat berjalan, terasa kaku, tampak membengkak, dan ketika diraba akan terasa hangat. Penderita penyakit ini menjadi terbatas saat harus bergerak, seperti saat harus membungkuk, duduk, mengenakan pakaian, dan sebagainya.

Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan peradangan yang disebabkan karena kekebalan tubuh menyerang jaringan pada sendi. Akibat terparah adalah kerusakan sendi, perubahan bentuk sendi secara permanen, pergerakan sendi yang terbatas dan hilangnya fungsi sendi. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah demam, kelelahan, nyeri otot, nafsu makan berkurang.

Sindrom Sjogren
Sindrom Sjogren adalah kelainan pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat sehingga menimbulkan peradangan. Penderita penyakit ini sebagian besar adalah kaum wanita. Penyebab penyakit rematik ini belum diketahui secara pasti. Penyakit ini umumnya muncul bersamaan dengan penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh lainnya, misalnya rheumatoid arthritis.

Ankylosing spondylitis
Ankylosing spondylitis adalah penyakit peradangan kronis yang menyerang bagian tulang belakang serta beberapa bagian tubuh lainnya. Penyebab penyakit ini belum diketahui, namun biasanya dipicu karena aktivitas dan pola makan. Penderitanya sebagian besar adalah pria berusia remaja hingga 30 tahun.
Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah punggung kaku dan sakit pada saat berdiri dan istirahat. Namun rasa sakit tersebut akan berkurang setelah beraktivitas. Terkadang juga akan timbul rasa sakit pada pantat dan punggung bagian bawah, rasa nyeri pada bagian tubuh di antara leher dan tulang belikat.
Beberapa bagian tubuh yang sering terserang adalah persendian pada bahu, persendian antara tulang panggul dan pangkal tulang belakang, tulang rawan antara tulang rusuk dan tulang dada, ruas tulang belakang, tendon di persendian tulang belakang, dan sebagainya.

tissue majakani
Cara Mengobati Rematik
Untuk mengobati rematik bisa dilakukan dengan merawat sakitnya dan mengurangi/menghilangkan gejala yang timbul. Jika Anda mengalami gejala rematik segera konsultasi ke dokter spesialis reumatologi untuk pemeriksaan lebih lanjut tentang penyakit Anda. Pada tahap ringan, dokter akan memberikan obat-obatan pereda nyeri seperti obat analgesik dan obat anti inflamasi non steroid. Pada kondisi yang lebih parah akan diberikan obat yang mengandung steroid.
Pada tahap pengobatan rematik, selain harus mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya Anda juga perlu membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin, beristirahat cukup, menjaga pola makan yang sehat, dan menghindari stress. Jika Anda melakukannya secara disiplin, niscaya kesehatan Anda akan pulih seperti sedia kala.
Demikian sekilas pengetahuan mengenai rematik, penyebab, dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel :
Gejala penyakit asam urat
cara mengatasi penyakit asam urat
penyebab dan cara mengobati prostat

Tags: , , , , , ,

Related to penyebab rematik dan cara mengobati rematik