tangan dan kaki sering berkeringat

Post On: 23 November 2015
By:
April 8, 2016

forediSehatkah jika tangan dan kaki sering berkeringat?

     Banyak orang yang sering berkeringat pada tangan dan kaki, maka timbullah pertanyaan, sehatkah jika tangan dan kaki sering berkeringat ? Sebagian orang sering mengasumsikan bahwa hal itu merupakan tanda seseorang memiliki penyakit jantung, benarkah itu? Apakah hanya mitos atau fakta? Ataukah mungkin ada gejala penyakit lainnya? Apakah anda salah satu yang mengalaminya?

     Tangan dan kaki sering berkeringat memang sangat mengganggu. Anda yang mengalaminya terkadang menjadi kurang percaya diri. Bayangkan jika mau berjabat tangan tiba-tiba telapak tangan basah, jadi terkesan kotor. Terkadang orang lain juga mengira anda merasa grogi, sehingga membuat hal yang memalukan.

  • Saraf simpatik yang hiperaktif

     Beberapa ahli menyatakan penyebab tangan dan kaki sering berkeringat adalah karena sistem saraf simpatik yang tidak normal (hiperaktif), sehingga mengakibatkan kelenjar keringat menghasilkan keringat yang berlebihan. Sistem saraf simpatik bertugas mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia seperti kinerja hormon andrenalin dan peningkatan denyut jantung. Sistem ini jika bekerja normal hanya akan menghasilkan keringat berlebih pada saat seseorang mengalami rangsangan dari luar misalnya kecemasan, nervous atau grogi dan ketakutan. akan tetapi karena sistemnya terganggu, maka keringat berlebih muncul pada saat yang tidak tepat.

  • Faktor keturunan

     tangan dan kaki yang sering berkeringat bisa pula merupakan faktor bawaan lahir (Keturunan). Jika nenek moyangnya ada yang mengalami hal ini kemungkinan beberapa keturunannya ada juga yang mengalaminya.

obat-kuat-foredi

bagaimana cara mengatasi keringat pada tangan dan kaki ?

     Jika memang dirasa sangat mengganggu, Berikut kami ulas mengenai cara mengatasi keringat berlebih pada tangan dan kaki :

  1. Ambillah larutan alumunium chloride (bisa beli di apotik atau toko kimia), oleskan pada seluruh telapak tangan dan kaki anda pada malam hari sebelum tidur. Biarkan hingga semalaman dan pada esok harinya bisa dibasuh dengan air hangat.
  2. jika pengolesan larutan alumunium chloride belum membuahkan hasil, konsultasikan segera ke dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan lain yang akan memberikan efek lebih cepat atau memberikan suntikan khusus, misalnya suntikan toksin botulinum tipe A
  3. Jika beberapa cara tersebut belum berhasil dan keringat dirasa sangat menggangu, maka dokter akan mengambil langkah terakhir yaitu tindakan operasi untuk memotong saraf yang menjadi penyebab utama timbulnya masalah.

Gejala tangan dan kaki yang sering berkeringat bukan karena gejala penyakit jantung atau penyakit lain seperti perkiraan sebagian orang. Anda sering berkeringat ditangan dan kaki tetap tergolong sehat, hanya masalahnya terganggu atau tidak? Jika tidak merasa terganggu silahkan lakukan aktivitas anda tanpa memikirkan apa pun. Namun jika anda merasa terganggu, keringat pada tangan dan kaki harus segera diatasi. Nah, semoga sajian ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga artikel :
mengapa kaki dan tangan sering kesemutan
penyebab susah tidur dan cara mengatasinya
Bahaya BAB tidak lancar

Tags: , , , , , ,

Related to tangan dan kaki sering berkeringat