ullen sentanu tempat wisata di Yogyakarta

Post On: 21 March 2016
By:
March 21, 2016

Ullen Sentanu, Menapak Jejak Sejarah Kerajaan Mataram

Sebagai salah satu kota budaya dan kota pendidikan, Yogyakarta selalu menawarkan tujuan wisata yang unik, menarik dan siap menambah pengetahuan anda, dan kali ini Ullen Sentanu akan menjadi salah satunya. Museum Ullen Sentanu terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang menyajikan bukti sejarah budaya dan kehidupan para bangsawan di Dinasti Mataram termasuk Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran dan Kadipaten Pakualaman serta berbagai koleksi batik Yogyakarta atau Surakarta.

Tempat wisata di Yogyakarta

Nama Ullen Sentanu merupakan singkatan dari bahasa Jawa “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang berarti “Nyala Lampu Blencong Merupakan Petunjung Manusia dalam Melangkah dan Meniti Kehidupan”. Diambil dari sebuah lampu minyak yang digunakan dalam pertunjukan wayang kulit atau blencong yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup. Falsafah indah ini menjadi salah satu daya pikat dari museum yang unik dan bersejarah ini.

Museum Ullen Sentanu berlokasi di Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang, sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Bisa dicapai dengan menaiki transportasi umum Trans Jogya dengan rute 2B atau 3B dan turun di Shelter Ring Road Utara – Kentungan. Selanjutnya anda bisa menaiki angkutan kota jurusan Paket dan turun di pasar Pakem, kemudian naik angkutan kota rute Pakem – Kaliurang dan turun di Taman Kanak – Kanak Kaliurang. Dari sini anda hanya perlu berjalan sejauh sekitar 250 meter menuju Museum Ullen Sentanu.

Ruang selamat datang dari museum ini dipenuhi dengan unsur kayu dan batu yang kuat, dilindungi oleh rangkaian pepohonan yang sejuk. Di sini anda akan menemukan patung Dewi Sri, Sang dewi kesuburan, sekaligus peringatan untuk tidak mengambil gambar dalam bentuk apapun karena dipercaya akan merusak karya seni otentik dan “nyawa” dari ruangan itu. Hanya dengan membayar senilai 25 ribu rupiah, anda bisa mengelilingi museum ditemani dengan pemandu wisata yang siap mengantar dan membagi kenangan sejarah dari setiap ruang di museum ini.

Ullen Sentanu

Terdapat 9 ruang yang dimulai dengan Ruang Selamat Datang, dilanjutkan dengan Ruang Seni Tari dan Gamelan, Ruang Guwa Sela Giri, Ruang Syair, Ruang Room Ratu Mas, Ruang Batik Vorstendlanden, Ruang Pesisiran, Ruang Putri Dambaan dan terakhir adalah Sesana Sekar Bawana. Masing – masing ruangan menyajikan bukti sejarah yang berbeda – beda seperti perangkat gamelan, karya – karya lukis, syair – syair, koleksi batik, koleksi foto hingga lukisan para Raja Mataram.

Sebelum mencapai pintu keluar, terdapat areal taman yang sangat indah. Di titik ini, anda akan menemukan keindahan, kecantikan dan keharmonisan dari Ullen Sentanu. Selain museum, lokasi wisata Ullen Sentanu juga memiliki Beukenhof Restaurant, yaitu Restoran alam Eropa yang ditata di sebuah bangunan kolonial yang dikelilingi pepohonan nan rindang.

Ullen Sentanu adalah bukti cinta akan budaya yang tidak terelakkan dimana keindahan dan keharmonisan berpadu dan terpatri dalam bukti sejarah yang menjiwai tanah Jawa.
Baca juga :
gunung bromo tempat wisata terindah di jawa timur
pulau sempu tempat wisata romantis di jawa timur

Tags: , ,

Related to ullen sentanu tempat wisata di Yogyakarta